Mengupas tentang dunia spiritual dan lelaku didalamnya, sebagai warisan dari para leluhur. Tentang : tenaga dalam, daya prana, metafisika, penyembuhan dan Mbabar jiwa ma'rifat jati

Sanad Kebangsaan

Makam Sunan Gunung Jati.

Tentang pentingnya Sanad, yakni mata rantai keilmuan dan pengetahuan. Dari pendahulu !

Sri Narendra Kalaseba (SNK), pelantun dan pencipta Lagu "Kidung Wahyu Kolosebo" dalam unggahan di akun Medsosnya menyampaikan, Secara garis besar tentang sanad! Memiliki fungsi, salah satunya penyalur keberkahan. Sekaligus pedoman pokok yang berdiri di atas cara pandang, berpikir dan berkeputusan.

"Bagi saya! Ini prinsip mutlak dan adat turun temurun, jika ada yang berpendapat lain, silahkan saja. Jalan orang, masing-masing! Tentang eksistensi keberagaman, saya pandang kelaziman, selesai masalah." Ungkap SNK.

Ia Contohkan, Pemikiran Sunan Gunung Jati tentang kebangsaan 5 abad silam, segala khasanahnya yang tertuang di manuskrip, bagi saya pribadi bukan lagi sekedar deretan pustaka belaka. 

"Namun didalamnya ada sumber sanad yang saya adopsi dan saya kembangkan nilainya di era sekarang. Semacam kompas sekaligus peta. Agar tidak tersesat, " jelasnya.

Maka dalam mempelajari, memahami, menghayati dan mengamalkan ilmu kebangsaan. "Saya! Tidak tiba-tiba terwacanakan dengan sendirinya. Semua runut mengikuti jejak, saran, wawasan, wasiat dan cara Sunan Gunung Jati dalam berkebangsaan. Istilahnya, Beliau menjadi rujukan, " Tambahnya.

Hal tersebut justru sangat efektif, cenderung membangkitkan energi, terbukti bermanfaat dan tidak sekedar penghias panggung pencitraan saja.

"Begitu kira-kira, minimal tatkala bersuara tentang kebangsaan tidak atas nama upah, tapi dominan demi menjaga marwah. Bagi yang paham. " Tandasnya.

Semoga Hidup Kita Senantiasa Berlimpah Ruah Berkah Dan Penuh Suka Cita.(**)


Sumber : Cahyo Sinebar_SNK

0 Response to "Sanad Kebangsaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel