Mengupas tentang dunia spiritual dan lelaku didalamnya, sebagai warisan dari para leluhur. Tentang : tenaga dalam, daya prana, metafisika, penyembuhan dan Mbabar jiwa ma'rifat jati

Amalan Ilmu Hikmah di Kalangan Pesantren Jawa


Pesantren merupakan warisan penyangga tradisi Jawa yang sampai sekarang masih eksis dan berkembang, di sini ada pesantren yang dikenal besar dan mati, tetapi juga ada pesantren baru yang dibuat. Pesantren di kalangan Islam Jawa ini banyak menyumbangkan kader santri dan masyarakat yang memengaruhi terhadap kondisi budaya bangsa Indonesia.
Kontribusi itu terkait dengan nilai-nilai, pola pemahaman, dan keilmuan ( turat ) yang dikembangkan pesantren, yang kemudian meresap dan menjadi pendorong dalam sikap dan mewujud dalam pemikiran di tengah-tengah masyarakat; pada saat yang sama tetap melestarikan tradisi Jawa; dan menjadi pelestarian komunikasi dengan bahasa Jawa.
Satu hal penting yang dilihat dalam tulisan ini adalah dimensi ijazahan amalan wirid-ilmu hikmah di pesantren, sebagai khazanah pesantren yang jarang dilihat. KBBI tidak memiliki resolusi dari kata ilmu hikmah ini, sambil mendefnisikan kata ilmu: pengetahuan atau kepandaian (tentang masalah duniawi, akhirat, lahir, batin dan sebagiannya). " Rangkaian dari kata ilmu ini, dipindahkan tidak kurang dari 129 kata, misalnya ilmu administrasi, ilmu dalam, ilmu tauhid, dan lain-lain, tetapi tidak ada yang digandeng dengan kata hikmah.

Ilmu hikmah adalah ilmu yang diperoleh dari menjalankan berbagai amalan wirid-wirid dan riyadhoh, dengan menjadikan Alloh sebagai sandaran, sehingga mampu membuat efek-efek dari amalan-amalan itu, dan juga ada khowash-khowash di pakai melalui marifat batin. Karena tingkat marifat batin berbeda-beda dan bertingkat-tingkat, penguasaan terhadap ilmu hikmah berbeda sesuai dengan tingkat prestasi yang diperoleh sang pengamal dan anugerah yang diberikan Alloh; yang perwujudannya bisa berupa pengobatan, ahli ilmu-ilmu syariat, ahli penumbalan, ahli menggerakkan masyarakat, dan sejenisnya.

Tradisi sains amalan hikmah-tarekat di tengah-tengah pesantren di Jawa, dilihat dari sudut: apa saja amalan-amalan ijazahan kitab-kitab apa saja yang dirujuk di kalangan pesantren dalam soal ilmu hikmah; Mengapa pengamalan ijazahan amalan wirid-ilmu hikmah dan tarekat ini diperlukan seorang guru di pesantren ; dan apa arti pentingnya ijazahan dan ilmu hikmah dan tarekat bagi pesantren dan masyarakat pada zaman sekarang?.(*)




// Kutipan inspirasi

0 Response to "Amalan Ilmu Hikmah di Kalangan Pesantren Jawa"

Post a Comment


Perangkat Spiritual Untuk Anda

Menyediakan Pegangan, berupa Rajahan yang aktif, untuk : Pagar Badan, Kekebalan, Anti Hipnotis/Gendam jalanan, Terhindar dari bahaya dengan radius 35 meter.

Fungsi Lain : Membangkitkan tenaga inti diri, penyaluran energi ke : air, benda dan mengisi tenaga ghaib ke orang lain dengan durasi aktif 24 jam.

Minat :
Silahkan kirim data diri anda (nama-alamat-tgl lahir-nama ibu kandung) ke via WA : 082331619334 - Javanese Spiritual.

Syarat dan ketentuan menyusul ........


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel